-

Senin, 28 Maret 2011

Panduan Traveling ke Singapura

Merlion
Panduang Lengkap Berpergian ke Singapura (Singapore). Mulai dari urusan pesawat, Airport, Hotel, Tempat Wisatanya, Transport, dan tentu saja Belanjanya :D

Pesawat
  1.       Cari dengan harga murah tentu tidak mudah, tetapi bukan sesuatu yang mustahil. Pergi ke Singapura biasanya harga termurahnya masih lebih mahal disbanding harga termurah ke Kuala Lumpur (Malaysia) *di hitung dari berangkat dari Jakarta-Yogyakarta-Surabaya. Sudah saya bandingkan beberapa Maskapai, termurah adalah Air Asia dan Lion Air (Jakarta),     setelah itu baru Batavia, Tiger Airways, Garuda, dan Singapore Airlaines

      2.       Kebetulan pada 22 Maret 2011 kemarin, aku dapat harga Rp.737.000 Pulang-Pergi (blm termasuk charge credit card, dan bagasi biasanya biaya charge CC Rp.36.000 dan bagasi (Ukuran Sedang) 20Kg Rp. 105.000. harga tersebut bukan ukuran sangat murah, karena harusnya aku dapet harga Rp.534.000 PP.
         
       3.       Tips:

  • Pantengin terus website air asia atau lion air untuk dapat harga yang murah dengan melihat-lihat tanggal. Untuk itu (kalau aku) tanggal keberangkatan ditentukan 70% tiket murah dan 30% cuti kantor J
  • Usahakan untuk berangkat diluar hari libur nasional atau libur internasional karena harga pesawat dan juga hotel akan naik. Biasanya bulan Juli-Agustus dan Desember –Januari
  • Bawa barang seperlunya. Ingat: seandainya membawa barang bentuk cairan (biasanya alat mandi atau parfum, sebaiknya dimasukkan bagasi! Karena petugas pasti minta untuk barang yang berupa cairan untuk ditinggalkan. Jangan berharap membawa minuman ke pesawat, karena pasti disuruh meminumnya sebelum masuk pesawat. 


         Airport
    Untuk urusan Airport biasanya akan menjadi ribet seandainya tidak mengerti seluk beluk airport.
ü  Amannya kita datang maksimal nyampai di airport 1,5 jam sebelumnya, hal ini sebagai antisipasi seandainya terjadi sesuatu dalam proses imigrasi atau check in nanti. Masalah yang banyak menghantui biasanya seputar : tiket/passport/dompet/dll ketinggalan.. so.. make sure semua sudah lengkap sebelum berangkat ke bandara.

ü  Barang yg mesti dibawa:

·       Print-out Tiket (kode booking) *biasanya petugas keamanan bandara menanyai tiket, apabila bentuknya e-ticket, tetep aja diminta print-out nya.
·       Passport milik sendiri *bukan punya bapaknya (tanpa ini dijamin ga akan bisa pergi)
·       That’s all kl untuk kelengkapan administrasi ke Singapore, mungkin kl ketempat lain, ditambah dengan Visa.

ü  Ingat Barang yg bisa dibawa ke Pesawat maksimal 7kg, tetapi beneranya sering liat penumpang lain yang bawa tas yang lumayan gede ke pesawat dan dibolehkan.
ü  Posedur check in biasa saja,.. silahkan cari couter check-in dalam bandara dan biasanya terdapat monitor tujuan keberangkatan pesawatnya. Seandainya ke Singapore, maka carilah counter yang tertulis di monitornya Singapore. (kalau ga nemu, silahkan tanya petugas maskapainya)


ü  Serahkan passport dan dikau akan mendapat kartu boarding pass yang di lembarnya terdapat nomor kursi tempat duduk mu di pesawat nanti. 

ü  Seandainya ada bagasi, petugas check in akan menimbang dahulu dan baru meloloskan barang bagasi mu. Seandanya kelebihan muatan maka petugas akan mengenakan denda per kilogramnya. Tips: bawalah tas ransel yang tidak banyak memuat barang, seandainya bagasi kelebihan muat, maka kurangi barang dalam bagasi ke dalam tas ranselmu.


ü  oya nanti di airport Singapore , E/D Card (Embarkation/Disembarkation) yang dibagikan sebelum pesawat landing, atau bisa meminta saat di imigrasi untuk dapat diisi selengkapnya. lembar ini diperuntukkan untuk kelengkapan imigrasi, sebagai kartu kontrol masuk dan keluar sebuah negara. petugas imigrasi akan memberikan stempel di lembar passport sebagai tanda kl dirimu diijinkan pergi.
ED Card (Embarkation / Disembarkation)


ü  Setelah itu tunggulah di ruang boarding menunggu dipanggil petugas untuk masuk pesawat.

ü  Tips; makan dan minumlah sebelum masuk conter imigrasi (kecuali Soekarno Hatta karena tempatnya luas) krn akan susah cari tempat makan dan minum di dalam. (oya biasanya minuman sudah tidak diperbolehkan ketika masuk pengecekan imigrasi. (sekalilagi kecuali Soekarno Hatta, karena setelah imigrasi masih terdapat sekali lagi scanning).

ü  Ambilah tempat dekat dengan pintu boarding karena anda akan punya akses paling depan masuk pesawat. Masuk pesawat awal penting, karena kadang kita tidak dapat meletakkan barang yang dekat dengan tempat duduk kita karena sudah penuh barang orang. Dan yang kedua adalah.. kita bakal antri untuk sampai di tempat duduk kita di dalam pesawat.


Atau untuk lebih jelasnya mengenai check in, lihat halaman berikut 

Tidak ada komentar: